Saturday, September 22, 2018

Ukuran Kebebasan

baselo.com


Apakah kebebasan ada batasnya?

Manusia diberi kebebasan, di samping itu juga diberi aturan, supaya kebebasan itu tidak menjadi kebablasan. Maka, tidak mungkin manusia hidup tanpa aturan.

Tidak mungkin Allah menciptakan manusia tanpa aturan. Tidak mungkin negara dibentuk tanpa aturan. Karena kehendak manusia itu biasanya terus bertambah tanpa pertimbangan yang matang.

Orang bergaji 5 juta, akan mencari cara bagaimana gajinya meningkat jadi 10 juta. Yang bergaji 10 juta akan mencari cara bagaimana gajinya meningkat jadi 15 juta, dan seterusnya.

Untuk membatasi kebebasan, butuh tujuan hidup yang pasti bagi manusia. Tujuan hidup yang pasti adalah keridhoan Allah subhanahu wa ta'ala. Jika tujuan hidup manusia adalah materi, maka maraklah kejahatan, karena tujuannya adalah meraup materi sebanyak-banyaknya. Begitulah Allah menciptakan dunia bagi manusia, sebagai penjara agar mereka belajar menahan diri, demi kebebasan yang abadi di masa yang akan datang.

"Kalau saja kebenaran itu menuruti hawa nafsu manusia, maka pasti binasalah langit dan bumi serta semua yang ada di dalamnya. Sebenarnya Kami telah mendatangkan kepada mereka peringatan (untuk) mereka (al-Qur’an) akan tetapi mereka berpaling dari peringatan tersebut." (QS. 23:71).
____
zaky_zr

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search