baselodotcom
Loading...

Baralek Impian

Baralek impian setiap  urang Minang rasa-rasanya adalah Baralek Gadang yang bisa diselenggarakan sampai 7 hari berturut-turut. Terlalu utopi...

Baralek impian setiap urang Minang rasa-rasanya adalah Baralek Gadang yang bisa diselenggarakan sampai 7 hari berturut-turut. Terlalu utopis dan generalis? Bisa jadi. Bahkan pejabat tinggi dan para bangsawan di ranah Minang kini sudah jarang bahkan enggan mengadakan acara selama itu.

Termasuk saya.

Meski bukan berasal dari kalangan jetset atau keluarga pejabat, bahkan meski disponsori sekalipun saya enggan baralek bila menikah nanti.

Jujur saja, terbersitkah dihati ada rasa malas dan sungkan ketika menerima undangan baralek? Pikiran tentang uang amplop, kado bahkan kesempatan untuk hadir membuat kamu berharap bisa "menyelamatkan diri" dari kedatangan rang pangka yang berkunjung tuk mengundang. Ngaku sajalah.

Itu salah satu alasan saya tidak ingin baralek atau diparalekkan.
Kita yang menikah kok banyak orang jadi repot?

Sederhananya saya ingin sederhana saja. Cukup semua orang datang, menikmati jamuan kemudian mendoakan, memberi restunya.

Tanpa perlu membawa amplop berisi lembaran uang, kado, mengenakan pakaian baru lagi indah, repot berdandan agar tampak kece sampai harus ke salon. Juga nyari temen bagi yang bujang atau gadis.

Baralek impian itu adalah akad nikah pada Jum'at pagi di masjid. Menjamu masyarakat setelah pulang Jumatan. Ditutup dengan berdoa bersama dirumah setelah shalat maghrib.

Hal pertama yang paling penting dilakukan adalah evaluasi diri. Tingkatkan kemampuan diri agar layak mendapatkan jodoh, tentu tak sekadar jodoh. Tetapi jodoh yang baik. Karena jodohmu, cerminanmu.

Barakallah...
Personal 5988172015796949402

Home item