Saturday, March 26, 2016

Harus Berhenti Ngopi?

Sudah bahagiakah kamu hari ini? Itu adalah judul tulisan di blog Mbak Ely yang membuat saya makin kesetrum pagi ini.

Bagaimana tidak, manakala sehabis shalat Subuh badan saya masih terasa segar dan fit namun begitu sampai dirumah terasa ada yang bertingkah. Mendadak pinggang saya berdenyut bin nyeri tak tertahankan. Berdiri saja, duduk salah, berbaring juga entahlah. Ini kali pertama saya merasakan sakit pinggang dan sangat menyakitkan. Ada apa dengan pinggang?

Saya tidak baru berspekulasi, berasumsi apalagi berhipotesa menebak-nebak perihal nama penyakit di pinggang ini. Selain saya tak punya kecakapan dalam mendiagnosa sendiri, saya juga sadar bahwa nikmat kesehatan begitu mahal nilainya. Kesadaran yang nyaris terlambat.

Jika dirunut ke belakang mungkin sakit ini ada hubungan dengan aktivitas di kebun beberapa hari yang lalu yang terlalu berlebihan. Bisa pula karena kurang minum air putih dan kurang istirahat. Entahlah namun yang jelas pengalaman sakit ini membuat saya lagi-lagi setuju dengan tulisan Mbak Ely,
Namun jika satu waktu didera sakit, mengeluh bukanlah solusinya walau manusiawi sekali jika ada yang mengeluh, saya juga melakukannya. Namun terus terusan mengeluh tak akan merubah keadaan. Maka satu hal penting yang bisa dilakukan saat sakit adalah melihat sisi positifnya.

Satu lagi hikmah dari pengalaman ini-walau agak berat, saya harus kurangi atau berhenti ngopi. Dan lebih rajin lagi baca buku.

Setuju?

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search