Tuesday, January 05, 2016

Masih Muda dan Kece Tapi Ubanan. Kok Bisa?

Laksana maut, rambut yang memutih alias uban tampaknya mulai tak mengenal usia. Tak jarang zaman sekarang ini sering ditemukan banyaknya remaja muda negeri ini yang berambut putih entah itu pengaruh tren sesaat atau memang faktor alami.

Rambut yang mulai memutih karena uban bukan berarti kamu bertambah tua secara umur dengan lebih cepat. Perubahan warna rambut ini terjadi ketika folikel rambut kurang memproduksi melanin, pigmen yang memberi warna alami pada rambut.

Umumnya, ubanan dimulai ketika kamu memasuki usia 30 tahun-an, tapi jangan kaget, tak jarang wanita juga mengalaminya di usia 20 tahun-an.

Kok bisa? Hal ini dipengaruhi banyak hal, salah satunya adalah faktor internal seperti ras. Orang ras Kaukasia lebih cepat mengalami ubanan dibanding ras Asia dan Afrika, sedangkan secara keturunan atau genetika, kamu tidak bisa menghindarinya.

Selain itu faktor dan keturunan atau genetik yang dibawa dari kakek nenek dan orang tua juga memegang andil besar. Bahkan terkadang beberapa orang dengan keturunan rambut beruban mulai mengalami perubahan warna rambut sebelum usia 20 tahun.

Namun ada juga faktor eksternal yang membuat rambut menua lebih cepat, salah satunya adalah kebiasaan merokok. Merokok bisa mempercepat penuaan tubuh, dan salah satunya yang bisa dilihat adalah perubahan warna rambut. Pengaruh lingkungan seperti sinar ultraviolet dan polusi juga bisa menjadi penyebabnya.

Rambut tidak terjaga dari radikal bebas sehingga lebih cepat menua. Tapi ada juga makna lain dari ubanan, yaitu gejala gangguan vitiligo, yaitu kondisi yang menyebabkan kulit kehilangan warna alaminya. Ada kemungkinan juga karena anemia pernisiosa, yang membuat tubuh kesulitan menyerap vitamin B12 atau gangguan pada kelenjar tiroid.

Jadi kamu udah mulai ubanan kah? Ngaku deh!

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search