baselodotcom
Loading...

Kenapa Nyamuk Suka Pilih-Pilih Ngigit? Rasis?

Saya patut berbahagia karena termasuk pemuda harapan bangsa yang jarang digigit nyamuk. Beda banget dengan adik saya yang ngaku selalu meras...

Saya patut berbahagia karena termasuk pemuda harapan bangsa yang jarang digigit nyamuk. Beda banget dengan adik saya yang ngaku selalu merasa diincar nyamuk tiap malam meski selalu berpakaian lengkap tak seperti saya yang sering lepas baju. Alhasil balsem menjadi temannya sepanjang malam guna meredam gatal akibat gigitan nyamuk.

Kenapa nyamuk suka pilih-pilih ngingit kayak penegakan hukum di negeri ini? Nyamuk kok rasis ya?

Dilansir oleh vemale.com, 1 dari 10 orang yang menjadi incaran nyamuk adalah mereka yang memiliki steroid dan kolesterol tinggi pada permukaan kulitnya. Orang-orang ini menarik perhatian nyamuk betina untuk menghisap darah yang dibutuhkan untuk berkembang biak. Namun Jerry Butler, Ph.D., professor dari University of Florida menjelaskan, kolestrol tinggi disini bukan diartikan mereka yang memiliki kadar kolestrol tinggi dalam darah. Tetapi mereka yang mampu memproduksi kolestrol secara efisien dalam tubuhnya.

Selain yang memiliki kolestrol dan steroid tinggi pada permukaan kulit, nyamuk juga tertarik pada mereka yang memiliki kadar asam tinggi. Entomologist asal Amerika bernama John Edman, Ph.D., menjelaskan bahwa substansi ini memicu indra penciuman nyamuk sehingga menarik nyamuk untuk menggigit permukaan kulit orang-orang ini.
Nyamuk hanya menggigit orang-orang yang tampak 'menarik' baginya

Meski kecil, namun nyamuk punya indra penciuman dan sensorik yang juara. Mereka mampu mencium aroma mangsanya dari jarak 50 meter.

Kamu sepakat dengan hasil penelitian tersebut?

__
Ilustrasi: instagram/@aimeemorakot
Serba-Serbi 6238466018714463745

Home item