Saturday, October 10, 2015

Curigai Bintitan Berulang

Semua orang umumnya pernah mengalami bintitan. Dalam bahasa medis bintitan disebut hordeolum, merupakan infeksi atau peradangan pada kelenjar di tepi kelopak mata bagian atas maupun bagian bawah yang disebabkan oleh bakteri. Biasanya oleh kuman stafilokos (staphylococcus aureus).

Penyebab lain karena metabolisme lemak atau alergi mengkomsumsi makanan seperti telur. Ciri utama bintitan adalah terjadinya pembengkakkan atau inflamasi kemerahan pada tepi kelopak mata bagian atas maupun bawah, biasanya disertai rasa sakit dan nyeri.

Menurut dr. Alie Sholahuddin SpM dari Rumah Sakit Dr Mohammad Hoesin Palembang, bintitan tidaklah berbahaya. Bintitan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tetapi penderita patut was-was bila mengalami bintitan berulang-ulang di tempat yang sama, karena dicurigai bintitan tersebut merupakan awal penyakit tumor.

Jika sudah mengalami lebih dari dari tiga hari namun tidak kunjung memperlihatkan keadaan membaik, penderita harus melakukan proses insissi atau operasi bintitan untuk membuang nanah dalam bintitan tersebut.

Penanganan awal saat bintitan muncul adalah mengompres bintitan tersebut dengan air hangat. Bisa disertai pemberian antibiotik berupa oles atau salep.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search