Saturday, July 25, 2015

Wisata ke Puncak Lawang Park

Puncak lawang adalah sebuah kawasan perbukitan yang mengelilingi keindahan Danau Maninjau yang terletak di daerah Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam.

Daerah yang berjarak kira-kira 20 menit perjalanan dari kota Bukitinggi menuju Matur sebelum Kelok 44 ini menyuguhkan pemandangan yang indah. Kalau kita berangkat dari Kota Pariaman, daerah ini bisa diakses dengan melalui Kecamatan Malalak atau lewat Lubuk Basung.

Di sepanjang jalan ini kita akan melewati ladang tebu milik petani yang sangat luas. Sampai di puncak dari daerah ini kita akan menikmati pemandangan yang hijau, indah dan kita dapat melihat luasnya danau maninjau yang sangat indah. Udara disini juga sejuk dan nyaman. Akses ke lokasi Puncak lawang ini pun sudah di aspal meskipun jalannya tidak terlalu besar.

Sesampai dilokasi kita langsung disuguhkan pemandangan yang cantik.

Ada dua lokasi strategis disini yang bisa anda kunjungi untuk melihat keindahan Danau Maninjau. Perbukitan dan danau yang sangat indah dan cantik. Tak jarang orang mengabadikan momen mereka melalui kamera ataupun mendokumentasikan video.

Lokasi juga digunakan sebagai lokasi untuk paralayang maupun Flying Fox. Situasi dan lokasi yang strategis untuk para pencinta para layang. dan mendarat didekat danau maninjau.


image

Negeri di Atas Awan. Begitulah kira-kira ungkapan masyarakat disini tentang lokasi tempat tinggal mereka. Bagaimana tidak, suhu minimal bisa mencapai 10 derjat celcius saat dini hari hingga subuh. Beberapa kisah dari tetua nagari, disini juga pernah terjadi hujan es beberapa jam. Jelas ini sangat mengerikan.

Bertolak sejauh 114 Km perjalanan darat dari Kota Padang, belok ke kiri di perempatan simpang Padang Luar. Lokasi ini memang menjadi salah satu tujuan wisata selain kota Bukittinggi. Benar, jarak dari kota Bukittinggi pun hanya 28 km saja, jika sudah tahu jalan pintas, bisa dilalui dalam waktu 15 menit melewati Ngarai Sianok.

Oke, kembali ke Matua Mudiak. Negeri ini memang menjadi salah satu negeri percontohan dalam hal pariwisata di Kabupaten Agam. Matua Mudiak memiliki beberapa objek wisata yang sangat terkenal di Indonesia bahkan mancanegara.

Kawasan ini juga dilengkapi dengan salah satu hotel yang tepat berada di kelok 44. Jika ingin homestay juga ada di sekitaran Puncak Lawang. Tapi ingat, jika ingin mengadakan homestay pastikan membawa selimut dan pakaian hangat, karena suhu yang sangat rendah

___
Ilustrasi oleh Rommy Rahmanto
Diedit oleh Master Roku

6 comments:

  1. Pemandangan yang mengagumkan. Semoga tetap terjaga kelestarian dan keindahannnya

    ReplyDelete
  2. Nasirullah Sitam28 September, 2015 18:46

    Keren banget, bang :-D

    ReplyDelete
  3. Semoga nggak dibakar untuk membuka lahan perkebunan

    ReplyDelete
  4. Makanya ajak teman-temannya liburan kesini :)

    ReplyDelete
  5. tempat yang menarik..cocok buat menikmati sunrise atau sunset nih???

    ReplyDelete
  6. sunrise lebih asik. kan daerah pegunungan. tapi konon katanya samudra hindia bisa dilihat dari sini lhoooo

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search