Wednesday, July 29, 2015

Strategi Sukses Skripsi

Di pertengahan tahun 2015 ini, masihkah skripsi menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar mahasiswa semester akhir?

Ditulis berdasarkan pengalaman penulis dan teman-teman yang sukses skripsi. Strategi sukses menyusun skripsi adalah..

Tak Ada Sisa
Jika memperoleh 24 SKS di setiap semester, usahakan semaksimal mungkin tidak ada sks yg tersisa, sehingga bisa mengambil mata kuliah semester atas. Jika semua bisa terlaksana besar kemungkinan di semester 6 semua mata kuliah sudah selesai kita tempuh.

Mulai Sedari Awal
Di semester 6 biasanya mata kuliah tinggal sedikit. Jadi mulailah untuk menyusun proposal skripsi dengan cara mengidentifikasi mata kuliah yang kita sukai atau jika tidak ada minimal ada kecenderungan pada mata kuliah tersebut. Gunanya untuk menambah semangat dan daya tarik kita dalam mempelajarinya. Karena di semester 6 biasanya sudah belajar tentang metodologi penelitian untuk menyusun skripsi, jadi saat diawal semester 7 kita sudah bisa seminar proposal skripsi. di semester 7 kita tinggal fokus skripsi.

Gali Info
Carilah info terkait kapan pelaksanaan seminar proposal skripsi dan sidang komprehenshif, untuk memotivasi kita.

Milikilah Semangat dan Kesabaran Berlapis Baja
Maksudnya semangat itu digunakan ketika kita sedang jenuh dan stress karena menghadapi skripsi. Terkadang saat menyusun skripsi, kita akan berada apa titik jenuh, stres dan depresi. Sedangkan kesabaran digunakan saat proses skripsi itu sendiri. Bisa jadi siap-siap mendapat ceramah pembimbing, tidak bertemu-temu dengan dosen pembimbing karena kesibukannya, bahkan hasil ketikan kita dicoret-coret oleh beliau, terlebih saat kita sukses sidang skripsinya. Sabar tetap harus ada agar kita tidak merasa puas dan sombong.

Jangan Bermasalah
Pastikan juga, kita jangan sampai bermasalah dengan dosen pembimbing. Bisa dipastikan kita akan lama selesainya karena gak berkah.

Haus
Mintalah ilmu sebanyak-banyaknya pada dosen pembimbing. Rajin-rajinlah bertanya untuk persiapan menghadapi sidang Komprehenshif Skripsi

Nyenyes
Datangilah terus pembimbing untuk konsultasi. Kalau bisa sampai beliau bosan karena biasanya dosen akan sangat senang hati dengan mahasiswa yg terus bertanya. Tentunya agar skripsi kita cepat selesai. Tapi disarankan kita harus mengetahui dulu sifat dosen pembimbing dengan bertanya kepada kakak tingkat yang telah berpengalaman. Agar tidak ternjadi niat hati ingin cepat selesai skripsi, malah kena teguran.

Do'a
Jangan pernah kita meremehkan kekuatan do'a, karena disitulah letak kekuatan seorang hamba. Berdo'alah agar dimudahkan segala urusan kita.

Buat teman-teman yang sudah terlanjur berada di semester atas, tetaplah dikejar karena skripsi tidak butuh "Orang yang cerdas, tapi malas" dan tidak butuh orang yang "Pintar tapi Sombong".  Yang diperlukan adalah kerja keras. "Kerja Keras, kerja Ikhlas, dan kerja Tuntas".

Selamat berusaha, semoga bermanfaat!

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search