baselodotcom
Loading...

5 Museum Islam Terbaik di Dunia

Museum Islam banyak terdapat di negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim seperti di Indonesia, Malaysia dan Qatar. Namun di negara-neg...

Museum Islam banyak terdapat di negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim seperti di Indonesia, Malaysia dan Qatar. Namun di negara-negara lain pun ternyata banyak juga museum Islam yang keren.

inilah 5 museum Islam terbaik di dunia:

1. Bayt Al Quran & Museum Istiqlal, Indonesia

Indonesia memiliki museum Islam yaitu Bayt Al Quran & Museum Istiqlal di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 April 1997, museum ini menyimpan berbagai koleksi karya-karya para ulama dan intelektual muslim di Nusantara sejak abad ke-17.

Sesuai namanya, Bayt Al Quran memiliki aneka koleksi mushaf Al Quran bersejarah. Ada Mushaf Istiqlal peninggalan Festival Istiqlal 1995, Mushaf Wonosobo yang berukuran raksasa, Mushaf Sunda dan Musha Malaysia dengan ragam hias yang cantik.

Sedangkan, Museum Istiqlal menyimpan aneka benda-benda peninggalan peradaban Islam di Nusantara. Ada benda seni sampai aneka artefak yang menarik.

2. Museum of Islamic Art, Qatar

Museum of Islamic Art di Doha, Qatar, mengundang decak kagum wisatawan dengan aneka artefak seni Islam. Museum ini merupakan museum khas Islam pertama di Teluk Persia dan mempunyai koleksi yang sangat besar. detikTravel pernah menyambangi museum ini beberapa waktu silam.

Museum yang dibuka sejak 2008 ini terletak di pinggir ibukota Qatar yakni Doha dengan luas 45.000 meter persegi. Koleksi yang tersimpan di museum merupakan koleksi yang dikumpulkan dari berbagai belahan dunia. Koleksi yang Anda temui misalnya berbagai manuskrip, kain dan beraneka keramik. Tidak hanya dari Timur Tengah saja, melainkan dari seluruh Asia dan Eropa asalkan bernafas Islami tentunya.

Tercatat koleksi-koleksi ini didatangkan dari Spanyol, Mesir, Iran, Irak, Turki, India dan Asia Tengah. Koleksi terbaik museum ini adalah lukisan Laila Majnun. Lukisan ini adalah adaptasi dari kisah cinta klasik dalam sastra Islam karya penyair Persia, Nizami Ganjavi.

3. Islamic Museum of Australia, Australia

Siapa sangka jika Australia memiliki museum Islam yang luar biasa. Islamic Museum of Australia bahkan pernah menyabet penghargaan sebagai salah satu museum terbaik Australia dalam Museums & Galleries National Award 2014.

Islamic Museum of Australia berada di 15A Anderson Road, Thornbury, Negara Bagian Victoria. Museum ini didirikan pada Mei 2010 dengan tujuan untuk menunjukan kekayaan warisan seni dan kontribusi sejarah umat Muslim di Australia dan luar negeri lewat berbagai karya seni dan artefak sejarah.

Museum ini memiliki koleksi arsitektur, kaligrafi, lukisan, kaca, keramik sampai tekstil. Benda seni Islam sejak abad ke-7 berasal dari berbagai wilayah mulai dari pengaruh Spanyol sampai Persia. Museum ini terbagi atas beberapa ruangan dengan tema arsitektur, seni, sejarah muslim Australia, ajaran Islam dan kontribusi Islam untuk peradaban.

4. Islamic Arts Museum Malaysia, Malaysia

Negara tetangga Malaysia juga memiliki museum Islam yang keren. Namanya adalah Islamic Arts Museum Malaysia yang beralamat di Jalan Lembah Perdana, Kuala Lumpur.

Museum ini memiliki 4 lantai dengan berbagai koleksi benda-benda warisan peradaban Islam. Ada perhiasan, senjata dan baju besi, tekstil, kayu, koin, kerajinan logam, keramik dan tentu saja manuskrip Al Quran.

Sedangkan dari aspek budaya, ada tema dunia Melayu, China dan India. Ini mewakili 3 etnis utama di Malaysia, yang mana masing-masing juga ada umat Islamnya.

 

5. Aga Khan Museum, Kanada

Museum Islam yang terbaru didirikan adalah Aga Khan Museum di Toronto, Kanada. Disebut-sebut, inilah museum Islam paling megah di Amerika Utara. Museum megah ini dibangun oleh jutawan muslim Aga Khan.

Aga Khan Museum baru saja diresmikan pada 18 September 2014 kemarin. Arsiteknya adalah Fumihiko Maki yang meraih penghargaan internasional. Dia merancang museum ini bergaya kontemporer modern dengan tembok luar memakai batu granit dari Brasil. Museum ini berukuran 81x54 meter dengan 2 ruang pamer, ruang benda seni, teater dengan kapasitas 350 tempat duduk.

Koleksi-koleksi benda warisan peradaban Islam di museum ini pun sungguh keren. Ada dekorasi arsitektur, kaligrafi, keramik, barang mewah tempo dulu, kerajinan logam, manuskrip dan lukisan, Al Quran dan ilmu pengetahuan Islam.

 

 
Serba-Serbi 7084954079589600274

Home item