Saturday, May 23, 2015

Baca Buku Apa?

Akhir-akhir ini saya sedang suka membaca buku digital di ponsel. Sejak lama aplikasi buku udah terpasang di ponsel sebut saja aplikasi seperti Moco, Mantano, Kindle, Kobo, Google Playbook, Aldiko, Wattpad namun semuanya tak bertahan lama karena punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka Kobo lah yang tersisa kini menjembati hobi baca. Baca buku digital via ponsel jauh lebih ekonomis karena ada daftar buku yang free download.

Dulu sempat jenuh dengan Kobo karena semua buku yang ada di store berbahasa asing semua. Meski ada fitur kamus, agak tidak nyaman membaca dengan kapasitas bahasa inggris yang lumayan ini, sering bolak balik buka kamus jadinya. Pengen makai Moco, aplikasi buatan developer lokal, fiturnya kurang asyik. Monetisasinya kentara banget.

Maka ditengah kesulitan itu datanglah keajaiban. Saya ingat Kobo punya fitur import file buku digital dengan format epub. Maka tinggal main ke situs yang nyediain epub gratis legal kayak Feedbooks lalu import ke Kobo. Untuk situs tempat mengunduh epub bahasa indonesia saya nyari referensi di Kaskus dan alhamdulillah saya dapat banyak link. Mulai dari serial Lupus, Goosebumps dan Harry Potter telah saya temukan.

Inilah daftar baca saya minggu ini..

Daftar baca Baselo
Memang membaca buku digital tidak baik untuk kesehatan mata. Mata jadi mudah capek dan kering. Otot mata jadi mudah kaku dan kurang elastis. Walau mendapat penjelasan ini dari iklan di TV, saya memang mengalaminya sendiri. Alhasil membaca buku digital ini tak berlangsung lama. Sebentar saja mata udah lelah dan mengantuk. Inilah statistik membaca minggu ini..

Statistik Baselo

Di daerah sini toko buku bisa dikatakan tidak ada. Kalo koran dan majalah mah banyak. Maka setidaknya masifnya kehadiran dan perkembangan aplikasi buku digital di ponsel turut meningkatkan minat baca dan membantu pengguna mendapatkan bacaan yang sesuai pilihannya. Semua diuntungkan. Developer aplikasi makin kreatif, penulis makin produktif, pembaca sebagai konsumen juga loyal dan inisiatif. Pokoknya serba positif lah.

Kamu lagi baca buku apa?

1 comment:

  1. […] itu kita tidak dapat berinteraksi dengan mereka. Cuma menunggu mereka datang dan menonton mereka menikmati semua fasilitas yang kita sediakan […]

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search