Thursday, April 09, 2015

Reinkarnasi

colorful springtime
Well ini bukan tulisan pertama di bulan september ini. Memang bila melihat postingan sebelumnya yang terbit bulan Juli kesannya blog ini jarang update dan pemiliknya kurang produktif. Sebenarnya memang iya walau tak sepenuhnya benar.

Beberapa hari belakangan ini Wordpress self host sedang bermasalah rasanya. Hal ini lebih dirasakan oleh blogger yang menulis lewat aplikasi ponsel. Ya pengguna kesulitan melakukan sign in ke blog mereka via aplikasi android. Hal ini sebabkan karena error pada file xmlrpc yang membuat Wordpress tak mengijinkan pengguna melakukan sign in.

File xmlrpc yang berjalan di server hosting dituding mengidap bugs atau mungkin diblokir oleh penyedia layanan hosting. Sila simak diskusi masalah kesulitan sign in di forum resmi Wordpress.

Berangkat dari permasalahan tersebut saya pun berinisiatif melakukan instalasi ulang blog ini pada domain baru. Jadi domain blog ini yang sebelumnya flez.net bakan dijadikan park domain saja.

Namun manusia memang tempatnya khilaf dan lupa. Semula saya berpikir instalasi web di domain baru bakal secara otomatis membuat folder tersendiri di hosting. Ternyata prakiran saya salah bin meleset. Setelang instalasi selesai dilaksanakan saya mendapati seluruh file blog lama terhapus ditimpa file instalasi blog baru ini. Saya kaget, puyeng mendadak.

Alhasil semua konten dalam blog di domain lama hilang sudah. Saya hanya mendapati satu konten tulisan yang merupakan sampel yang berjudul "Hello World!"

Saya ingin pingsan saja.

Saya lupa bahwa hosting saya hanya satu database padahal sebenarnya bisa dibikin banyak tanpa batas. Semua file blog, email, ftp dan lain-lainnya bertumpuk disana. Alhasil kalo ada instalasi blog baru maka bakal  menabrak file blog yang lama.

Sumpah malamnya kejadian ini kebawa saya mimpi segala.

* * * *

Sekarang blog ini udah terlahir kembali, dengan domain baru. Domain lama tetap aktif dan terparkir disini. Ikhlaskan semua yang lenyap karena kejadian kesalahan inslatasi tersebut. Jadikan ini pengalaman yang tidak akan terulang.

Untung saya masih ada file xml konten dari blog lama yang sempat diunduh. Tinggal import dan edit ulang saja. Jadi blog ini tak terlalu kosong-kosong amat kayak hati para jomblo.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search