Friday, January 16, 2015

Review: Anti Theft Alarm dari RaLock Technologies

Pagi ini (kemaren) saya telah memasang aplikasi anti maling tersebut dan sorenya saya hapus kembali. Kenapa?

Aplikasi pencegah maling dengan mekanisme menyalakan alarm (ringtone) di ponsel pintar makin banyak. Apalagi untuk ponsel berbasis Android, aplikasi semacam ini bejubel di Playstore baik yimageang sifatnya gratis murni, gratis bersyarat (free trial/berlangganan atau in-app purchase) dan berbayar. Salah satunya aplikasi Anti Theft Alarm besutan developer dari RaLock Technologies.

 

Anti Theft Alarm didesain sungguh kompak dan elegan. Fiturnya disajikan dengan menu yang efektif, navigasinya mudah yaitu pilihan 2 mode alarm saat membuka aplikasi. Model alarm tersebut adalah Detect when charge is unplugged dan Detect when is moved. Opsi pertama merupakan fitur yang bila diaktifkan maka alarm akan berbunyi saat kabel charger dilepas. Sedangkan opsi kedua akan aktif bila smartphone digerakkan-yang menurut Trenologi walaupun hanya sepersekian mili perubahannya.

Kedua fitur tersebut terbilang ampuh dan efektif guna mencegah ponsel diganggu oleh tangan-tangan jahil. Tak perlu koneksi internet dan fungsi administator untuk mengontrol ponsel seperti kebanyakan aplikasi anti maling lainnya. Cukup dengan mengatur kode pin atau pola (pattern) untuk mematikan alarm yang tentu hanya diketahui oleh si pemilik ponsel.

Tidak ada gajah yang tak bergading, tak ada gading yang tak retak. Entah bugs atau mungkin masalah spesifikasi ponsel, ketika menjajal opsi Detect when is moved dalam kondisi Air Plane Mode aktif, fitur tersebut tidak bekerja responsif. Baru setelah beberapa guncangan, alarm ponsel menyalak diiringi kelap-kelap lampu flash kamera.

Mode Detect when charge is unplugged  belum sempat saya jajal namun dirasa agak aneh. Saya pikir kebanyakan pemilik ponsel bakal mengecas ponsel ketika dalam keadaan mati (off). Namun mengingat adanya keterserdiaan fasilitas free charge di banyak tempat umum dan keadaan darurat yang membuat pemilik ponsel harus mengisi ulang daya meski dalam keadaan ponsel menyala, fitur Detect when charge is unplugged dirasa masuk akal.

Aplikasi Anti Theft Alarm tersedia gratis di Playstore namun disisipi iklan. Jika pengguna ingin fitur lebih banyak dan bebas iklan aplikasi ini harus ditebus dengan harga Rp12.149,-

Tertarik mencoba?

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search