Tuesday, January 13, 2015

Cara Menjaga Ladang dari Serangan Babi

Babi masih menjadi hama utama yang mengancam kebun dan ladang para petani di pedesaan. Selain masalah cuaca ekstrem, kondisi tanah, ketersediaan pupuk dan irigasi, masalah hama juga sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas panen perkebunan.

Kondisi ini cukup membuat kewalahan para petani. Banyak tanaman yang rusak karena serangan hama sehingga terancam gagal panen. Tanaman yang sering menjadi sasaran hama adalah jagung, singkong, cabe dan lainnya yang notabenenya merupakan tanaman dengan profitabilitas tinggi.

Sebagai langkah preventif petani kerap mengadakan "perang terbuka" dengan babi liar yang kerap menjarah kebun setiap malam. Hewan rakus tersebut selalu menjadi target utama  perburuan yang sering diadakan warga desa setiap bulannya. Bahkan saking geramnya dengan babi liar tersebut, perburuan menjadi hobi yang mendatangkan keasyikan tersendiri.

Selain berburu babi, warga juga memilih memagari lahan kebunnya bila memasuki masa panen. Namun hal ini dirasa agak sia-sia. Selain menambah biaya dan menyita waktu, para kawanan babi masih sanggup menerobos halangan pagar yang tersebut dari bambu dan kayu tersebut. Hal ini lebih sering dialami bila lahan perkebunan terletak cukup jauh dari pemukiman warga.

Sebenarnya ada cara cukup sederhana mengatasi hama babi liar yang menjarah perkebunan. Menurut Pak Nasir, Palo Mudo Desa Sikapak, hama babi bisa dikendalikan dengan cara meletakkan potongan rambut di sekitar tanaman. Bisa pula dengan menyebarkan rambut mengelilingi lahan perkebunan dengan pola seperti pagar. Potongan rambut tersebut dapat diperoleh dari salon dan tempat pangkas rambut.

Potongan rambut tersebut diyakini akan membuat kawanan babi liar enggan memasuki lahan perkebunan. Hama rakus tersebut bakal mengira ada banyak orang disekitar lahan karena mencium aroma rambut sehingga tidak berani mendekat.

Dengan cara meletakkan dan menyebarkan potongan rambut tersebut, lahan perkebunan diyakini bakal aman siang malam dari jarahan babi liar. Tanaman pun terjaga dan hasil panen pun meningkat.

It work!

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search