Saturday, September 28, 2013

Krisis Listrik: Jangan menular!

Assalamulaikum wr wb

  
  Bilamana penyakit ada yang bersifat menular lalu pemadaman bergilir nan menular itu apakah juga suatu penyakit? Entahlah. Beberapa hari yang lalu saya sempat menelpon Ibu di kampung halaman menanyakan apakah disana juga sering terjadi pemadaman listrik seperti yang kerap terjadi di beberapa daerah lain di Sumatra Barat. Dan beliau menjawab tidak.

  Kota Padang, Painan dan beberapa daerah lain di Sumatra Barat dalam kurun beberapa bulan terakhir serentak mengalami pemadaman listrik. Tak hanya sering padam, rutin malah. Bisa sampai 4 kali sehari. Beritanya pemadaman listrik di Sumbar yang kian menjadi-jadi bisa diliat disini.

  Tak hanya Sumatra Barat, masalah ketidakberdayaan pengelolaan listrik oleh PLN ini juga dikeluhkan oleh sebagian besar masyarakat Sumatra Utara. Meutya Hafid seorang pembaca berita, jurnalis, member of parliament sampai menyindir PLN melalui akun twitternya.

  Apa boleh kata, ternyata penyakit itu memang mudah menular. Kota Pariaman menjadi korban berikutnya. PLN dengan rutinnya memadamkan listrik setiap harinya pada jam 11.00 wib sampai jam 16.00 wib dan berulang kembali pada jam 00.00 wib sampai 03.00  wib. Pernah Ibu saya bertanya kepada petugas PLN tentang masalah pemadalam tersebut dan beliau mendapatkan jawaban, 

"Pembangkit listrik kita di Ombilin sana tidak mampu lagi".

  Oh..

 Tentu hanya kata Oh.. yang bisa terlontar. Saya hanya orang awam yang tidak mengerti listrik dan manajemen PLN. Bila dibilang pemadaman bergilir terpaksa dilakukan demi mengantisipasi puncak penggunaan daya kenapa harus terjadi siang hari? Bukankah puncak penggunaan/konsumsi daya listrik terjadi di malam hari pada pukul 18.00 wib-22.00 wib. (lihat disini)

  Keawaman saya tak sampai disitu. Tepat tanggal 1 Oktober 2013 Tarif Dasar Listrik (TDL) bakal naik untuk keempat kalinya di tahun ini (berita lihat disini). Melihat ketidakberesan tersebut, saya terpaksa setuju dengan pendapat Meutya Hafid, PLN tidak menganggap Sumut (dan Sumbar) bagian dari Indonesia.

  Apa sebenarnya yang terjadi di dalam tubuh perusahaan milik negara ini? Setelah berkali-kali berganti direktur utama, penyakit akut PLN tak kunjung sembuh. Jangan tanyakan kepada kami tentang solusi, itu sama saja menghina kebodohan kami setelah sebelumnya keputusan menaikkan TDL berkali-kali mencederai kehidupan kami. 

Sudahkah listrik Anda padam hari ini?

Wassalam
__
Baca juga
Gambar: http://wartaaceh.com/wp-content/uploads/2012/05/Mati-lampu1.jpg





Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search